Tips Hemat Ala Emak - Emak

Gambar diambil dari sini


Di jaman yang serba mahal kayak sekarang ini sebagai emak - emak kita wajib dan kudu pinter mensiasati biar semua kebutuhan keluarga dapat tercukupi. Kalo bisa sih jangan sampai ada yang jadi korban akibat semua yang serba mahal itu. Buat orang - orang yang kaya raya dari lahir mungkin gak perlu ya repot - repot pusing nyukup - nyukupin dana biar semua kebutuhan keluarga tercukupi, tapi buat orang kayak kite - kite yang bisa dibilang pas - pasan musti kudu punya trik biar tetep happy. Gak harus menderita kok biar bisa hemat, pinter - pinternya kita aja buat ngakalinnya. Berikut ini emak akan bagiin tips yang biasa emak terapin sehari - hari :

1. Selalu Update Info Promo Supermarket 

Gambar diambil dari sini

Belanja di supermarket ato minimarket gak selalu mahal lo guys, sekarang ini semua supermarket / minimarket pasti selalu ada promo tiap minggu nya. Mungkin karena persaingan yang ketat supermarket dan minimarket ini berlomba - lomba menarik perhatian konsumennya, salah satu caranya ya dengan promo ini. Yang diuntungkan ya jelas kita - kita sebagai konsumen, tapi tentu saja kita harus update terus info dari supermarket tersebut. Biar bisa update harga - harga promo supermarket gak susah kok, kita bisa gabung di website atau sosial media supermarket tersebut atau like harga promo di facebook. Biasanya tiap kamis malam promo dari supermarket ato minimarket udah update di harga promo tersebut. Untuk promo alfamart bisa langsung gabung di official account alfamart, ntar update promo nya langsung dikirim ke line kita. 

Kalo kita udah update info promo langkah selanjutnya kita harus rajin - rajin cek stok kita dirumah, barang yang tinggal dikit harus masuk daftar belanja. Jangan ragu - ragu untuk nyetok barang - barang kayak minyak goreng, sabun mandi, sabun muka, sabun cuci piring, sabun cuci baju dan obat pembersih lantai karena itu bakalan terus kepakai. 

2. Kerjakan Sendiri Pekerjaan Rumah

Gambar diambil dari sini


Pekerjaan rumah itu emang banyak banget dan gak ada habisnya, tapi kalo kita kerjakan sedikit - sedikit pasti semuanya bisa dikerjakan kok. Dulu waktu belum punya mesin cuci aku nyuci baju tiap selesai mandi, mau mandi pagi ato mandi sore pasti nyuci. Emang sengaja cuci dikit - dikit biar gak kerasa berat, kalo setrikanya masih seminggu sekali sambil liat televisi biar gak kerasa berat. Haha...lumayan kan bisa menghemat, kalo cuci setrika baju sekeluarga udah pasti mahal kalo untuk satu bulan. 

Biar lebih hemat lagi sangat disarankan untuk kita memasak sendiri makanan keluarga, dengan memasak sendiri kita bisa menghemat banyak banget pengeluaran. Emang awalnya berat banget buat konsisten masak sendiri, tapi percayalah guys kalo kita udah terbiasa memasak pasti malah aneh rasanya kalo harus beli makanan di luar. Kalo bingung gak bisa caranya masak tinggal liat youtube channel ato cookpad dijamin langsung pinter masak. Pokoknya hal - hal kecil yang biasanya kita anggep remeh kayak uang untuk loundry atau beli makan diluar itu kalo kita itung - itung jumlahnya lumayan juga lo guys, jadi lebih baik kalo kita kerjakan sendiri biar bisa hemat

3. Beli Pulsa di Tokopedia


Gambar diambil dari sini

Pulsa juga merupakan kebutuhan pokok lo guys, listrik rumah dan hp semua pake pulsa. Mau gak mau kita harus beli pulsa listrik meskipun harganya mahal, biar bisa irit kita bisa beli pulsa lewat tokopedia. Sering banget promo pulsa di tokopedia, kemarin sempat ada cashback 5% untuk pembelian token listrik. Lumayan kan cashback nya bisa buat pembelanjaan selanjutnya, atau bisa buat beli pulsa lagi. Harga pulsa hp nya juga murah banget, gak perlu keluar rumah buat beli pulsa

4. Simpan Uang di Tabungan Bebas Biaya Administrasi

Gambar diambil dari sini


Bagi emak - emak menyimpan uang di tempat yang aman itu penting banget, meskipun yang disimpan gak seberapa besarnya. Jangan sampai kita bawa uang bulanan dalam bentuk cash, dijamin pasti bikin kita tambah boros dan gak perhitungan. Menurutku menyimpan uang di bank sangat memudahkan kita mengontrol pengeluaran kita, belanja di supermarket juga kita bisa menggunakan debit card. Kita cukup membawa uang cash seperlunya untuk belanja di pasar tradisional, kalo uang di dompet kita sedikit pasti kita mikir - mikir dulu kalo mo beli. Pernah ada temenku yang sok kecentilan punya banyak rekening padahal dananya pas - pas an, awal bulan dia sok transfer ke rekeningnya yang banyak itu biar gak kepakai semua uangnya. Tapi belum sampai tanggal 10 dia udah kelabakan gak punya uang dan semua rekeningnya dikuras, kalo kayak gitu kan malah bikin tambah boros, kita gak nyimpen uang tapi harus bayar administrasi tiap bulannya.

Nyimpen uang di bank konvensional emang ada bunganya tiap bulan, tapi bunganya itu gak sebanding dengan biaya bulanan yang kita bayar. Kalo kita kaya raya dan punya uang milyaran atau trilyunan sih gak papa nyimpen di bank konvensional, tapi kalo kita nyimpen uang yang cuma beberapa juta atau beberapa ratus ribu aja so pasti malah bakalan tekor. Sekarang ini banyak banget kok bank syariah yang menyediakan tabungan tanpa biaya administrasi dan saldo menggendapnya juga minim banget cuma 20rb sampai 50rb, tapi bisa untuk debitcard. Pokoknya nabung tanpa bayar administrasi bulanan itu nyantai kayak di pantai rasanya.

5. Ganti Semua Lampu dengan Lampu Hemat Energi



 Gambar diambil dari sini


Kadang kita sering lupa kalo lampu yang kita pakai juga mempengaruhi besar tagihan listrik kita, mungkin selama ini kita kurang memperhatikan karena cenderung  mikir kalo cuma lampu aja pasti murah ( murah kalo yang dinyalain 10 biji ya tetep aja mihil). Mulai sekarang mendingan kita ganti semua lampu penerangan kita dengan lampu hemat energi, kalo ak sih pake philips LED itu ( lumayan lo 9 W lampu LED setara terangnya dengan 14W lampu TL biasa dan 70W lampu bohlam biasa ).

6. Berilah ASI untuk Bayi Anda

Gambar diambil dari sini


Masalah kontrovesi ASI ini sering terjadi di  daerah pedesaan, kalo di kota - kota besar aku yakin banyak banget yang pro ASI karena tenaga medisnya selalu memberikan info - info kesehatan kepada ibu hamil jauh sebelum bayi - bayi itu lahir. Tapi kali ini kita gak akan bahas kontroversi tersebut, kita cuma akan bahas dari segi ekonomisnya aja. Dengan memberi ASI untuk bayi kita kita gak perlu lagi mengeluarkan uang untuk beli susu formula, bahkan kita bisa hemat 1 - 2 juta ( jika kita punya 2 anak ). Anak ASI biasanya juga kebal banget, jadi uang untuk berobat ke dokter juga pasti aman.

Sementara enam tips tersebut yang emak bagikan, pokoknya semua tips - tips tersebut emak terapin dalam kehidupan sehari - hari. Bisa dikatakan berhasil untuk menghemat pengeluaran, lumayan lah ya bisa buat nabung hasil penghematannya.









0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.