Kenapa Gak Pake Pengasuh atau Pembantu

Gambar diambil dari sini

ART ( Asisten Rumah Tangga ) tentunya sudah akrab dengan keseharian seorang emak - emak khususnya emak - emak pekerja, tapi gak papa juga sih sempama gak kerja tapi punya ART ( wong bayar pake duit - duit sendiri, iya kan ? ). Biasanya ada ART yang pocok an ( datang ketika dibutuhkan aja ) dan ada yang tiap hari datang. Kalo di lingkungan sekitarku yang notabene masih di daerah kebanyakan menggunakan jasa pengasuh anak yang sekaligus ngerjain pekerjaan rumah, tapi pekerjaan rumahnya juga yang ringan - ringan aja. Tarifnya sendiri biasanya untuk pengasuh yang baru kerja sekitar 600 ribuan , dan tiap tahun naik sesuai kesepakatan masing - masing, mungkin termasuk murah banget ya jika dibandingkan tarif pengasuh di kota - kota besar. Gaji pengasuh ini biasanya dibayarin seminggu sekali tiap hari sabtu, kalo yang pocokan ya dibayarin tiap selesai kerja. Pengasuh ini biasanya kerja mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore, atau sesuai kesepakatan dengan majikan masing - masing.

Sedikit cerita tentang lingkungan tempat tinggalku, aku tinggal di perumahan yang isinya kira - kira 30 rumah ( termasuk lingkungan kecil ya ) dan letaknya di kabupaten. Di sini semuanya adalah pasangan muda yang baru punya anak, cuma tiga rumah yang isinya keluarga senior ( udah punya anak cucu ). Rata - rata semua emak - emak disini adalah emak - emak pekerja, ada juga sih emak - emak yang gak kerja ( haha....akyu termasuk emak - emak yang gak kerja ). Biasa dipastikan di lingkunganku rata - rata semua pake pengasuh, dan cuma segelintir aja yang gak pake pengasuh. Aku termasuk emak - emak yang gak pake pengasuh atau pembantu, dari anakku lahir aku sendiri yang handle semuanya termasuk mandiin bayi newborn. Banyak temen - temen yang nanya kenapa kok gak pake rewang alias pembantu atau pengasuh kan lumayan murah tuh ongkosnya ( kalo emaknya pake rewang kan bisa disambil kerja dari rumah dan bebas pergi - pergi kemana aja ). Haha....sebenernya bener juga ya ?


Berikut ini adalah alasan kenapa aku gak pake jasa ART :

1. Masih Belum Memerlukan

Sebagai emak - emak full time rasanya banyak banget waktu luang yang aku miliki, dan tempat tinggalku juga bisa dibilang gak terlalu luas. Untuk bersih - bersih rumah seperi ngepel dan nyapu waktu 1 jam sudah bisa bersih seluruh rumah, kalo cuci baju juga ada mesin cuci. Emang sih kadang - kadang kalo anak lagi rewel masalah bersih - bersih sering terabaikan tapi ya nyantai aja, anak kecil kan pasti ada istirahatnya. Ada kalanya capek mengatur rumah sambil momong, tapi setelah sadar kalo masa - masa kayak gini tuh gak bakalan selamanya terjadi ak jadi semangat lagi. Percayalah guys saat anak berusia 3thn pekerjaan seorang emak - emak bakalan lebih ringan 50 %.


2. Sayang Sama Duit


Gambar diambil dari sini



Kalo masalah duit pasti semua emak - emak pasti yang paling paham, para emak - emak kan harus mengatur keuangan biar perekonomian keluarga terkendali. Buat aku sih 600 ribu lumayan banget, bisa buat beli pulsa listrik 1 bulan sama bayar indihome. Haha....rasanya tenang banget pokoknya kalo persediaan pulsa listrik banyak dan tagihan indihome sudah terbayar., 600 ribu juga bisa buat nambahin tabungan ( enam ratus ribu kalo dikali satu tahun udah tujuh juta dua ratus ribu ) . Pokoknya buatku 600 ribu itu bisa buat macem - macem yang lebih berguna, tapi beda orang beda juga kebutuhannya lo ya ? Kalo buat ak yang full time di rumah pengasuh itu termasuk belum perlu, lain halnya jika emak - emak pekerja pasti pengasuh itu menjadi salah satu kebutuhan utama.

3. Gak Tega Jika Anak Diurus Orang Lain


Buat sebagian orang mungkin melihat anak diurus orang lain sudah biasa, tapi buatku yang notabene 24 jam di rumah dan udah terbiasa ngurus sendiri rasanya kok ada yang aneh jika melihat anak diurus orang lain. Anak pertamaku memang sejak umur 3,5 tahun ikut orang tuaku, tapi dari masih bayi aku juga mengurus sendiri semua keperluannya. Ceritanya ketika anak pertamaku umut 3 tahun aku pindah rumah sendiri dan anakku gak krasan di rumahku yang sekarang ini. Alasan lainnya adalah anakku itu menemani ortuku yang tinggal sendirian. Kalo anak keduaku dari keluar rumah sakit aku sendiri yang mengurus, kadang kalo aku pengen keluar jalan - jalan aku titipin dia di rumah ortuku tapi itupun gak lebih dari dua jam.


Gambar diambil dari sini
 
 
Kira - kira ilustrasi di atas cukup menggambarkan perasaanku ketika harus meninggalkan anakku. Pokoknya  waktu akan berjalan sangat lama jika jauh dari anak, seumpama belanja gitu ya pasti ambil barang - barang yang dibutuhkan dan langsung ngacir ke kasir.



4. Pengin Mandiri



Semua orang yang udah berumah tangga pasti pengennya hidup mandiri, bisa ngatur semuanya sendiri. Mandiri bukan berarti mandi sendiri lo ya ? Haha...kalo mandi sendiri sih dari kecil juga udah biasa. Mengurus dan mengatur rumah sendiri itu ada kepuasan tersendiri, kalo udah terbiasa malah mungkin kita gak akan suka jika dibantu orang lain. Dari kecil aku udah dibiasain mandiri sama ortuku, mulai hari pertama masuk sekolah SD aku udah sendiri dan ibuku cuma nganterin dari depan gerbang soalnya juga harus kerja. Mulai kelas dua SD aku juga sering di rumah sendiri sampai ibuku pulang ngajar, meskipun rumah deket sama rumah kakek tapi aku lebih enjoy di rumah sendiri. Waktu kuliah di Malang aku juga sering motoran sendiri kalo ke Malang, bahkan sendirian di kostan atau di kontrakan itu sudah merupakan kebiasaan.


Kebiasaan mandiri yang udah dari kecil aku lakukan terbawa sampai sekarang, sesibuk - sibuknya aku pasti semuanya aku kerjain sendiri. Meskipun rumah berantakan kayak kapal pecah gara - gara anak gak bisa ditinggal pasti aku akan beresin sendiri. Senumpuk - numpuknya setrikaan pasti tetep aku setrika sendiri dan gak ada pikiran sama sekali untuk ngiri ke loundry kiloan ( kalo ini mandiri apa pelit ya ).





0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.