Tipe Pembeli yang Bikin Online Shop Mewek

Gambar diambil dari sini


Jaman sekarang ini tentunya kita udah gak asing lagi dengan yang namanya online shop, beda sama dulu pada awal tahun 2000 an. Kayaknya pas dulu jamannya aku awal - awal kuliah tahun 2004 juga masih belum ramai (apa mungkin aku aja yang gak tau ya?), tapi sekitar tahun 2009 udah banyak yang jualan lewat website dan facebook. Waktu jaman jadi mahasiswa dulu kayaknya kok gak kepikiran buat melirik online shop, jangankan melirik wong tugas - tugas aja banyak yang belum terjamah. Baru pas jadi emak - emak lah hasrat untuk berbelanja online tersalurkan.

Kali ini kita gak akan bahas soal sejarah online shop, tapi kali ini emak mau bagiin pengalaman tentang tipe - tipe pembeli yang bikin mewek online shop. Ceritanya dulu sekitar tahun 2013 aku pernah jualan online sekitar 1 tahunan, pertamanya sih gak sengaja jualan online gara - gara jualan offline susah banget dapet pembeli. Produk yang aku jual awalnya produk MLM plastik - plastik mahal yang harga 1 set botol isi 2 aja bisa sampai 130 rb, dan kebetulan aku tinggal di daerah tentunya lumayan susah cari pembeli. Biar jangkauan pasarnya luas aku coba - coba jualan online lewat group fb dan bbm. Ternyata responnya bagus dari media online ini akhirnya keterusan jualan sampai sempat jualan jilbab juga.

Setelah kurang lebih satu tahun menjalankan online shop banyak sekali pengalaman yang aku dapet, dari satu tahun itu aku udah menghadapi berbagai macam pembeli dengan macam - macam karakter juga. Tentunya sebagai penjual yang baik kita harus bisa pembuat senang para pembeli, dan untuk untuk itu kita perlu mengenali karakter pembeli kita terlebih dahulu.

Berikut ini adalah gambaran tipe - tipe konsumen yang sering bikin mewek online shop :

1.  Tipe Banyak Nanya Tapi Gak Beli

Gambar diambil dari sini 

Nah, kira - kira meme dian sastro di atas cukup mewakili hati para pemilik online shop jika pembeli tipe 1 muncul. Ya memang sih pembeli adalah raja, tapi kadang cukup ngeselin kalo pertanyaan yang udah ada jawabannya ditanyain lagi. Lebih ngeselin lagi kalo ujung - ujungnya gak jadi beli. Tapi demi kepuasan pembeli hal - hal kecil seperti itu harus dihadapi dengan lapang dada oleh pemilik online shop. 

2. Tipe Gak Percaya Sama Online Shop 

Gambar diambil dari sini 

Biasanya pembeli tipe ini adalah orang daerah pedalaman atau kota kecil yang gak pernah belanja online. Kadang bingung juga harus jawab apa biar nih orang percaya, tapi yang lebih nyakitin lagi kalo pas teman kita sendiri yang beli ke kita terus dia gak percaya sama online shop kita. Untungnya cuma sedikit pembeli tipe ini yang dulu mampir ke online shopku. 

3. Tipe Afgan ( baca : nawar harga sadis banget kayak lagunya afgan )

Gambar diambil dari sini


Tawar menawar umumnya wajar ya kalau kita belanja di pasar tradisional, tapi apakah mungkin kita berani nawar kalo pas belanja di supermarket? Haha....jawabannya tergantung pada kita masing - masing, berani apa gak nawar di supermarket. Tapi kayaknya semua juga bakalan gak berani nawar di supermarket soalnya semua juga udah pada tau kalau supermarket itu udah harga pas alias harga mati. Hal itu tentu aja gak berlaku untuk pelanggan online shop, kadang meskipun udah tau kisaran harga pasaran suatu produk tapi tuh pembeli masih aja nekat nawar. Nawarnya sih macem - macem, ada yang minta free ongkir dan ada pula yang nawar separo harga ( kadang aku sering berpikir mungkin para pembeli yang nawar itu mengira barang dagangan kami dapetnya gratis turun dari langit ).

Sebagai online shop sakit hati sih udah pasti guys, tapi yang namanya pedagang emang kudu berbesar hati menghadapi hal - hal yang kayak gini. Sebagai gambaran dulu aku jualan produk gak ambil untung langsung dari produk itu, tapi aku ngambil untung dari bonus distributor. Harga yang aku kasih 30% diskonnya dari harga yang tertera di katalog atau sama kayak harga kulakan dari distributor ( mungkin dulu aku yang terlalu bego, tapi emang kebanyakan teman - temanku juga ngasih harga segitu biar produk cepat laku dan dapet bonus distributor ). Bayangin aja kalo masih ada yang nawar terus minta free ongkir? rasanya tuh kayak SAKIT

4. Tipe PHP ( Hit & Run )

Gambar diambil dari sini

Tipe Hit & Run ini kebanyakan pelakunya sama, di group facebook rata -  rata pelaku hit & run ini menjelajahi banyak online shop dan memberi janji manis orderan tapi ternyata setelah itu KABUR. Karena pelakunya itu - itu aja tentu aja kebanyakan group langsung blacklist pelaku hit & run tersebut biar gak makan korban lagi. Biasanya para pelaku langsung ganti nama akun biar gak ketauan lagi kalau melancarkan aksinya, biasanya sih nama akunnya alay - alay gitu gak pake nama asli. 

5. Tipe Penipu 


Gambar diambil dari sini

Penipu itu ada dimana - mana, termasuk di dunia maya. Kalau dulu mungkin pembeli yang banyak menjadi korban penipuan tapi sekarang penjual juga banyak yang jadi korban. Untuk tipe yang satu ini untungnya aku gak pernah ngalami, tapi sering banget denger curhatan di group banyak online shop yang kena tipu. Biasanya sasaran penipuannya adalah online shop yang gak punya e banking atau mobile banking, jadi mereka cuma mengandalkan bukti transfer dari pembeli. Karena itu guys kalo punya online shop kita harus dan wajib punya e banking atau mobile banking biar gampang ngecek uang yang masuk ke rekening kita. 





 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.