Belanja Dimana......?

Belanja merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi semua orang, khususnya emak - emak. Kegiatan ini rasanya bisa menghilangkan lelah dan penat setelah beraktifitas seharian, aku sendiri lebih senang belanja sendirian daripada rempong ajak suami dan anak. Rasanya seperti "me time", sendirian terbebas dari kewajiban ini itu. Haha....meskipun cuma 1 jam ato paling lama 1,5 jam tapi kegiatan ini terbukti sangat ampuh membunuh semua bad mood yang melanda.

Untuk emak-emak yang pas-pas an hemat kayak aku ini tentunya belanja yang dimaksud adalah belanja buat kebutuhan sehari - hari ya, bukan belanja yang sifatnya untuk seneng - seneng kayak borong baju 1 kodi atau beli lipstik 1 karton (lebay).  Tapi ya kadang - kadang belanja baju, dan lagi - lagi mesti yang sering dibeliin baju adalah tuyul - tuyul kecil dirumah alias bos kecil. Setelah punya anak entah kenapa kok beli baju buat diri sendiri jadi urutan yang paling belakangan untuk dipenuhi.

Sebagai orang yang tinggal di kota kecil atau di daerah tentu nya tempat - tempat belanja yang tersedia ya cuma itu - itu aja ya. Aku tinggal di Kediri Jawa Timur, kota nya kecil tapi lumayan rame dan lengkap jika dibandingkan dengan kota - kota sekitarnya seperti Nganjuk, Jombang, dan Tulungagung. Nah, sekarang emak mau berbagi tempat belanja kebutuhan sehari - hari yang ada di kediri. Aku sendiri sih belanja gak melulu di suatu tempat tapi selalu berpindah - pindah mengikuti promo. Haha....sebagai emak-emak yang gila promo tentunya seneng banget kan dapet harga murah. Ini adalah tempat - tempat yang sering emak kunjungi untuk belanja :

1. Koperasi Mekar ( MEKAR Swalayan )

Gambar diambil dari sini

Mekar ini sebenarnya adalah koperasi milik PT. Gudang Garam Tbk, tetapi semua orang bisa belanja disini kok meskipun bukan member koperasi tersebut. Bentuknya seperti swalayan pada umumnya, tetapi barang yang disediakan tidak selengkap supermarket besar. Sepertinya barang - barang yang dijual adalah barang yangy,  sering dikonsumsi anggotanya, untuk barang-barang aneh kayaknya gak ada. Pernah aku cari hair tonik rudy hard*s*warno, ternyata di sini adanya cuma 1 merk hair tonik yaitu n*ril. Untuk kosmetik lumayan lengkan juga, ada brand pixy, viva, maybelline, wardah, la tulipe dan garnier. 

Kelebihan belanja di sini bagi anggotanya adalah bisa dapat SHU (jadi brasa dapet cash back kan), dapet poin yang bisa ditukerin barang kayak piring, gelas, atau bahkan dapet kompor tergantung jumlah poin nya. Bagi yang males ngumpulin poin karena poinnya expired tiap 6 bulan bisa pilih metode undian. Kalau undian hadiahnya lebih gede kayak motor, magic com, dll. Untuk harganya sendiri di koperasi ini murce banget, kosmetik juga harganya gak bikin kantong bolong kayak di Mall.  Meskipun brand nya sama kalau di Mall kan biasanya gak ada diskon dari counternya. Kelebihan lainnya adalah di sini ada ATM center, semua bank kayaknya ada lengkap disini, bahkan bank sinarmas juga ada. Untuk parkirnya di sini juga cukup luas dan bebas biaya tanpa dipungut biaya.

Untuk pelayanannya cukup bagus kok, kasirnya ramah - ramah. Aku sendiri kalau ke sini menghindari hari kamis dan jum'at karena mesti rame banget ( karyawan gudang garam kan gajian nya kamis malam atau jum'at). Tanggal muda juga pasti ruame banget di kasir, tapi selain hari - hari itu pasti cukup terkendali antriannya. Pernah belanja pas tanggal 28 rasanya sepii banget, brasa kayak toko sendiri pokoknya. 

2. Golden Swalayan 

Gambar diambil dari google map


Golden ini letaknya tepat di depan  Kediri Mall, cukup mudah mudah menemukan tempatnya karena lokasinya ada di tengah kota. Seperti hal nya di Mekar, harga barang - barang di sini juga cukup murah merata di semua produk cuma lebih mahal 500 - 1000 rupiah dari Mekar Swalayan. Untuk kelengkapannya Golden ini lebih lengkap dari Mekar Swalayan, counter kosmetik juga lengkap banget. Mulai dari Pixy, Inez, Wardah, Popy Darsono, Sari Ayu, Mustika Ratu, Aubeu, QL, Rivera, Fanbo, Pond's, La Tulipe, LT Pro, Revlon, Mybelline, Loreal, MakeOver, Silky Girl,  Ultimma II, Mayaza, Satto, Emina, dll. Pokok nya disini lumayan lengkap dan harganya juga murah merata, pengunjungnya juga banyak jadi tiap hari bisa dipastikan kasir selalu antri. Golden juga menjual aneka kue basah dan jajanan pasar, buah - buahan dan sayur juga ada, untuk lantai 2 nya ada bioskop dan juga masih ada stand kebutuhan rumah tangga seperti panci, perlengkapan bersih - bersih sampai perlengkapan bayi seperti diapers dan baju - baju bayi.

Di sini juga ada undiannya sama seperti di Mekar, tiap belanja 100rb kita bisa ikut undian yang mana hadiahnya lumayan besar ( aku sendiri jarang banget ikut undian karena jarang dapet jadinya males ikutan). Untuk parkirnya sendiri cukup 2rb saja, parkirannya selalu antri karena pengunjung bioskop juga parkir di tempat yang sama. 

3. Alfamart 




Kalau minimarket ini pasti semua orang sudah tau, outletnya terdapat hampir di semua kota baik kota besar maupun kota kecil bahkan di tingkat kecamatan juga ada minimarket ini. Dari segi harga memang minimarket ini menjual lebih mahal dari harga di swalayan pada umumnya, tetapi minimarket ini sering banget promo, salah satu promo yang aku ikuti adalah JSM (jum'at, sabtu, minggu). Lumayan loh selisih harganya kalau pas JSM, pernah aku dapet detergen cair  so klin 900 ml dengan harga Rp. 10. 900 dan aku langsung beli 4 untuk persediaan. Selisihnya dari harga pasaran paling murah sekitar @ 3 ribu, cukup hemat kan? Pernah juga dapet mama lemon 800 ml beli 2 gratis 1, pokoknya kalau dihitung selisihnya banyak banget. Yang lebih menyenangkan lagi tanpa ada syarat belanja minimal untuk bisa dapat promo tersebut

Untuk bisa mengikuti promo - promo dari minimarket ini kita harus rajin - rajin browsing atau kalau gak gitu harus ngikuti official account line dari alfamart ini. Tiap ada promo pasti langsung update di line kita, ada juga promo khusus untuk kita yang udah gabung di line alfamart. Awal bulan kemarin kalau gak salah so klin cair 800 ml dapat dibeli seharga Rp 6.900 saja khusus pengguna line. Caranya kita tinggal ketik "JSMLINE" di official account line nanti kita dapet balesan kode dari line yang bisa kita tunjukkan ke kasir alfamart pada waktu pembayaran. Biar bisa hemat lagi kita bisa daftar untuk kartu member alfamart ( PONTA ) untuk mengumpulkan poin dan juga mendapatkan diskon khusus member. Enaknya lagi alfamart ini biasanya 24 jam, jadi kalau malem - malem butuh sesuaatu bisa langsung cus ke sana.

4. Indomaret



Minimarket ini semua juga pasti udah tau, letaknya selalu berdekatan dengan Alfamart. Entah ini kompetitor atau memang sama kepemilikannya aku sendiri juga belum tau. Promo nya juga hampir sama kayak alfamart, ada JSM nya juga. Pastinya buat si emak hemat harus selalu ngikuti promo dari kedua minimarket ini, kalau pas promo nya bagus bisa beli banyak untuk stok beberapa bulan. Minyak goreng juga sering banget promo di Indomaret ini. 

Kalau ditanya tempat mana yang paling aku sukai untuk belanja jawaban nya adalah semuanya aku suka, pinter - pinternya kita aja buat cari tempat belanja yang murah biar bisa hemat. Ada juga sih orang yang fanatik dengan suatu tempat belanja, walaupun ibaratnya ada yang lagi diskon 50 % tetep gak tertarik sama sekali. Kalau si emak hemat ini tentu saja bukan tipe orang seperti itu, kalau ada yang murah ngapain beli yang mahal? bener apa gak....? Kenapa gak belanja di warung kelontong ? jawabannya adalah aku adalah tipe orang yang males banget ngantri, di toko kelontong sekitar rumahku kebanyakan pelayanan penjualnya kurang bagus. Kadang udah dateng duluan tapi lama banget gak dilayani, malah yang baru datang yang dilayani. Selain itu toko kelontong sering gak lengkap, kadang juga kurang teliti untuk masalah expired date.  







0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.