Keinginan Sederhana Seorang Emak -Emak

Gambar diambil dari sini



Semua orang pasti punya cita - cita atau keinginan, tak terkecuali emak - emak. Para emak biasanya malah lebih banyak yang keinginan daripada seorang anak atau seorang bapak. Tapi apa pun keinginan dari seorang emak percayalah kalo  semuanya gak bakalan jauh - jauh dari seputar kesejahteraan untuk semua anggota keluarga. Baik itu emak - emak pekerja atau emak - emak full time pasti sama aja yang dipengenin. Entah keinginan itu hanya sekedar anggan - anggan saja atau sudah terwujud secara tak langsung keinginan ini menjadi salah satu semangat bagi emak - emak untuk terus maju mewujudkan keinginan tersebut.



Dulu waktu masih kuliah jujur aja hidupku lempeng - lempeng aja, bahkan kayak gak punya gambaran tentang masa depan. Haha...pokoknya dulu aku tuh tipe orang yang males ngapa - ngapain, kuliah aja sering bolos dan males ngerjain tugas. Biasanya anak kuliahan kan lagi semangat - semangatnya mencari info tentang pekerjaan biar ntar kalo udah lulus langsung kerja. Mungkin gara - gara doktrinan orang tuaku kalo ntar udah lulus harus jadi PNS (Haha...yang hidup di desa pasti udah familiar kalo cita - cita semua orang di desa adalah jadi PNS ) makanya aku jadi males, ditambah lagi pas lulus kuliah langsung disuruh nikah jadi tambah gak punya gambaran sama sekali tentang pekerjaan. Semua kemalasan itu berubah setelah anak pertamaku lahir, kebiasaanku jadi berubah 180 derajat dan aku juga mulai berfikir tentang  keinginan atau cita - cita yang seharusnya sejak dulu aku pikirkan ( telat banget kan? tapi gak papa, mending telat daripada gak mikir sama sekali ).


Setelah mengalami tahap - tahap hidup dari mulai sekolah, kuliah, menikah, dan punya anak maka inilah keinginanku yang pengen banget aku wujudkan :


1. Kerja dari Rumah



Gambar diambil dari sini



Seperti yang udah aku ceritain diatas, dulu aku sama sekali gak punya bayangan mau kerja jadi apa soalnya udah didoktrin sama ortu tentang PNS. Tapi sayangnya apa yang kita impikan gak selalu jadi kenyataan, dan jadi PNS itu susah banget. Sebelumnya aku juga pernah mencoba melamar pekerjaan setelah punya anak tapi gak ada yang ketrima ( mungkin gara - gara aku gak ikhlas untuk ninggalin anakku kerja diluar rumah ). Tapi jujur aja setelah menjalani kehidupan sebagai full time mom entah kenapa keinginan untuk kerja di luar rumah seakan - akan hilang di telan bumi. Aku udah ada di comfort zone dan enggan untuk keluar dari zona ini, tapi meskipun di rumah setidaknya aku pengen juga mendapatkan penghasilan dari rumah. 


Melihat dan mendampingi anak - anak mulai dari dia bayi itu sungguh luar biasa, rasanya kita gak akan rela ninggalin mereka meskipun cuma 1 jam. Kemana - mana pikiran gak tenang dan selalu inget wajah - wajah polos mereka, karena itu aku sangat sangat pengen banget kerja dari rumah. Tapi saat ini keinginan ini belum bisa terwujud soalnya anakku yang masih kecil masih berumur 2 tahun dan gak bisa ditinggal walaupun sedetik aja. Pernah suatu kali aku nekat buka laptop pas dia lagi main dan leptopku malah jadi sasaran mainan dia, laptopku ditarik sampai engselnya copot. Sering kali ponselku dibanting gara - gara aku main ponsel pas dia lagi asyik main, pokoknya selama dia bangun semua perhatian harus buat dia. Karena alasan inilah keinginanku yang satu ini harus aku kubur sementara sampai dia bisa mandiri ( mungkin sampai usia TK).



Waktu anakku masih satu aku pernah jualan online, kerjasama bareng temanku. Dagangannya dulu jilbab sama tas, hasilnya sih lumayan juga untuk ukuran iseng - iseng. Enaknya dagang itu waktunya bisa fleksibel, dan gak harus berangkat kerja pagi dan pulang sore, gak harus dandan juga. Untuk ngirim barang dagangan biasanya pas pagi hari sambil nganter anak sekolah ato pas sore hari sekalian jalan - jalan. Rasanya enak banget pokoknya bisa cari uang dari rumah dan tetep bisa merawat dan mengawasi anak sendiri.


2. Punya Produk Sendiri






Jika dipikir - pikir mungkin ada sisi baiknya aku gak kerja kantoran, dimasa - masa menganggur pikiranku jadi dipaksa untuk berpikir tentang ide - ide kreatif . Jika aku kerja kantoran bisa dipastikan kalo aku bakal cepet bosen dengan rutinitas yang monoton tiap hari, dan mungkin aku gak akan betah diperintah - perintah oleh atasan.



Sebenernya aku dari kecil udah tertarik sama dunia jahit menjahit, mulai kelas 4 SD aku udah bisa jahit paket mesin jahit hitam yang jadul itu. Aku juga tertarik banget bikin craft, pas masih kecil tiap rubrik kerajinan tangan aku selalu bikin nyonto dari majalah itu. Waktu kelas 1 SMP pas pelajaran tata busana aku pernah dapet tugas bikin rok pendek dan aku bisa jahit rapi banget sampai sama gurunya dikira dijahitkan. Tapi sayang banget hobi itu gak pernah aku kembangkan, seperti terlupakan begitu saja. Akhir - akhir ini aku sering gabung sama group - group menjahit di fb dan sering lihat tutorial menjahit di youtube, setelah tiap hari mantengin youtube kok rasanya pengen lagi kembali mencoba menjahit. Apalagi liat ribuan pola jahitan di pinterest yang menggoda untuk dicoba, aku jadi punya ide untuk mencoba membuat produk sendiri.



Dulu pas aku jualan gak punya produk sendiri, aku jadi reseller bareng temanku. Menurutku jadi reseller itu menguntungkan dan kita gak usah repot - repot bikin sendiri produknya, kita tinggal jual dan dapet keuntungan. Tapi banyak gak enaknya juga jadi reseller, kadang kalo pas barang belum dateng konsumen udah banyak yang nagih serta nanyain detail produknya. Terus terang aku adalah tipe orang yang gak pede kalo jualan tapi gak langsung pegang produknya, selain itu kalo produknya ternyata gak sesuai sama gambar malah kita sendiri sebagai penjual yang akan malu. Jadi reseller memang awalnya harus jualan PO ( pre order) biar gak rugi, tapi kalo punya modal besar ya gak papa juga langsung kulakan sendiri. Jika kita stock barang banyak padahal masih awal jualan kita bakalan beresiko rugi dengan barang - barang yang gak laku. Lain hal nya jika kita produksi barang sendiri, kita bisa bikin sampel aja dan bikin kalo pas ada pesenan aja ( made by order ). Bikin produk sendiri juga bisa mengasah kreatifitas kita, meningkatkan kemampuan kita berkreasi dan juga bisa mengisi waktu luang.



3. Beli Mesin Jahit Portable


Gambar diambil dari sini


Untuk bisa memenuhi impian punya produk sendiri tentunya harus punya alat untuk memproduksinya. Sebenarnya gak harus mesin kayak foto di atas, mesin jahit hitam jadul itu juga bisa tapi setelah dipikir - pikir mending beli yang canggih sekalian biar bisa banyak kreasi. Selain itu yang aku suka dari mesin portable adalah gampang dipindah - pindah dan gak makan banyak tempat, kalo mesin jahit jadul kan melekat sama meja nya itu dan agak susah dipindah - pindah. Mesin jahit jadul juga berisik banget suaranya dibanding mesin portable.



Rasanya aku cinta banget sama mesin portable, emang sih belum punya sendiri tapi aku sering pake punya ibuku buat coba - coba jahit. Kalo ditanya pengen beli ato gak ya jelas aja pengen beli, tapi kudu nabung dulu biar gak menganggu kestabilan ekonomi keluarga. Mesin portable lebih banyak fitur - fitur canggih daripada mesin hitam jadul, pokoknya dengan mesin portable ini kita bisa berkreasi tanpa batas.





4. Punya Online Shop





 Gambar diambil dari sini



Setelah punya produk sendiri tentunya kita harus memasarkan produk tersebut dan menurutku untuk orang yang memulai usaha dagang sebaiknya mencoba cara online terlebih dahulu. Awalnya mungkin sedikit susah, tapi setelah kita mempunyai langganan pasti  akan lebih mudah. Jualan online jaman sekarang juga lebih gampang, banyak ekspedisi yang menyediakan jemput barang dan kita gak perlu capek - capek untuk pergi ke ekspedisi. Untuk memulai usaha online kita juga gak harus keluar banyak uang untuk membangun toko fisik, kita cuma butuh paketan internet dan ponsel atau laptop.


Jika online shop kita sudah berjalan lancar percayalah kalo kita bakalan menikmati enaknya jualan online, kita bisa nambah banyak teman baru juga. Kadang - kadang jika pembeli berasal dari daerah yang sama dengan kita maka pembeli itu akan langsung mengambil barang ke rumah untuk menghindari ongkos kirim. Dulu dari jualan online aku bisa dapat teman - teman baru, bahkan ketika aku udah gak jualan lagi mereka kalo nyari barang tetep tanya ke aku. Kelebihan lain dari jualan online adalah pembeli membeli secara cash dan perputaran uang kita bisa lancar gak seperti kalo kita jualan offline. Kendala yang paling sering dialami oleh pedagang offline adalah banyaknya pembeli yang mengkredit barang sehingga uang mancet dan kita sebagai penjual gak bisa menyetok barang lagi.


Nah.., kira - kira 4 keinginanku di atas adalah prioritas jangka dekat yang pengen banget aku wujudkan. Tujuannya utamanya sebenarnya adalah untuk mengisi waktu biar aku gak jadi emak - emak pemalas, selain itu keuntungannya bisa untuk menambah tabungan anak - anak. Haha..., membantu perekonomian keluarga juga di jaman yang serba mahal ini. Pokoknya meskipun di rumah aku tetep pengen produktif, jangan sampai membuang waktu untuk hal - hal yang gak berguna.








0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.