Nostalgia Jajanan Anak Generasi 90' an

Gambar diambil dari sini




Setelah liat gambar diatas pasti kita - kita yang mengalami masa kanak - kanak tahun 90' an langsung inget, kalo anak - anak yang tahun 2000 an mungkin gak bakalan paham itu jajanan apaan. Jaman dulu itu sederhana banget, apalagi buat anak - anak yang sekolah di pedesaan seperti akyu. Haha....dulu belum ada jajanan macem kinderjoy, atau ice cream wall's kayak sekarang ini. Masih inget waktu kelas 2 SD bawa uang saku 500 rupiah udah berasa kaya banget, rata - rata harga jajannya 50 rupiah dan bahkan ada yang 25 rupiah saja. Di sekolahku dulu gak ada kantin, maklum lah ya sekolah dasar negeri di pedesaan pasti yang ada cuma penjual keliling yang nongkrong di depan sama di belakang sekolah. Kalo SD sekarang kayaknya udah pasti ada kantin soalnya pulangnya di atas jam 12 siang. 



Ngomongin masalah jajanan masa kecil pasti ada memori tersendiri yang sanpai sekarang gak bisa dilupain. Haha...kepolosan anak - anak jaman dulu yang gak neko - neko macem anak sekarang. Biar lebih ingat lagi yuk mari kita bahas satu - satu jajan masa kecil ini



1. Krip - Krip



Gambar diambil dari sini



Krip - krip ini merupakan jajanan favoritku, dulu waktu masih SD pulang sekolah mesti bawa stock krip - krip buat cemilan di rumah. Bentuknya mie kering kayak indomie mentah tapi remuk gitu, ada bumbunya  gurih banget kayak rasa keju dan paling enak kalo dimakan sama nasi anget ( rasanya lebih enak dari abon ). Sering banget rebutan sama adikku, kadang saking senengnya tiap siang makan selalu pake krip - krip. Seingetku dulu harganya 50 rupiah, isinya sih dikit banget cuma gede bungkusnya aja. Sekarang ini kayaknya juga masih banyak yang jualan krip - krip, iseng - iseng cari di bukalapak sama tokopedia banyak banget yang jual. Temenku pernah ada yang beli katanya harganya 40 ribu untuk 40 pcs krip - krip, tapi rasanya gak sama kayak dulu lagi.



2. Anak Mas

Gambar diambil dari sini




Anak mas ini juga mie kering kayak indomie mentah gitu, ada bumbunya di plastik terpisah kayak mie instan tapi gak ada minyaknya. Kalo anak mas ini kayaknya sampai sekarang ini juga masih ada tapi beda kemasan. Dulu kalo liat kartun paling asyik sambil ngemil anak mas ini, waktu aku masih kuliah kayaknya juga masih sering beli anak mas buat cemilan. Rasanya sih tetep enak pas jaman masih kecil dulu ya menurut aku. Kayaknya anak mas ini paling legendaris deh, dari aku TK kayaknya ini jajanan juga udah ada.Jaman dulu kalo minggu pagi liat doraemon pasti deh ada iklan anak mas ini.




3. Permen Kaki Hot - Hot Pop







 Permen ini dulu ngetop banget pas aku SD, bahkan pas SMP juga masih sering beli permen ini. Rasanya sih kayak permen mangga, gak manis tapi ada asem - asemnya gitu. Tiap habis makan permen ini pasti lidah jadi merah dan kita malah bangga pamer ke anak - anak yang lainnya, padahal mungkin sebenarnya bahaya ya warna yang terlalu melekat gak bisa ilang gitu. Kadang sengaja makan permen ini biar bibir jadi merah kayak pake lipstik ala tante - tante. Pas di dalem kelas juga masih nyolong - nyolong makan nih permen, kalo pas di rumah  juga demen banget makan nih permen sambil baca buku atau komik.




 4. Permen Yosan












Permen yosan ini juga nge hits banget jaman masih SD dulu, apalagi bagi yang suka baca buku Lupus. Haha...yang sering baca lupus atau liat serialnya pasti tau kalo lupus pasti makan permen karet kemana pun dia pergi. Permen ini murah banget dan yang bikin seru lagi kalo kita bisa ngumpulin huruf dari bungkus permennya sampai membentuk kata YOSAN bakalan dapet hadiah menarik. Dulu waktu SD ak rajin banget ngumpulin bungkus permen yosan ini biar bisa bentuk tulisan YOSAN, sampai banyak banget dan aku simpan di kotak pensil. Tapi heran banget, begitu banyak permen yang aku beli tetep aja gak nemu huruf N nya.




5. Permen Payung







Permen payung ini idolaku banget sejak masih TK, permen ini adalah coklat yang dibungkus kertas kado warna - warni dan dibentuk seperti payung. Gara - gara makan permen ini dulu gigiku jadi habis, gigi depanku sampai geripis hampir habis. Tapi meskipun gigiku udah tipis banget aku tetep makan permen ini, bahkan pas diajak ke dokter gigi pulangnya aku tetep nangis minta dibeliin permen ini. Haha...pokoknya hampir tiap hari aku makan permen ini tapi habis makan gak pernah mau gosok gigi. Akibat dari permen ini juga gigi depanku bagian bawah sekarang bentuknya gak beraturan dan jelek banget.



6. Permen Ting - Ting Jahe




Gambar ini diambil dari sini




Permen ting - ting jahe ini juga termasuk permen favoritku, pokoknya dulu segala jenis permen aku suka. Permen ini rasanya sedikit pedas, mirip banget rasa jahe asli dan teksturnya kenyal banget kayak permen yupi. Dulu kalau naik bus di bus banyak banget pedagang keliling yang jualan permen ini, emang rasanya cocok banget permen ini untuk teman di perjalanan. Kayaknya sampai sekarang permen ini masih beredar, dulu waktu hamil anak pertamaku permen ini jadi penyelamat ketika mual - mual morning sickness. 

7. Kenji




Gambar ini diambil dari sini


Snack kenji ini populer banget tahun 90 an, iklannya banyak banget di TV. Dulu tiap hari minggu pagi nonton kartun doraemon gak lengkap rasanya kalo gak makan kenji, mungkin kalo sekarang rasanya mirip - mirip kayak Taro. Anak SD jaman dulu pasti semua suka sama kenji ini, kalo sekarang mungkin udah gak ada lagi jajanan ini.




8. Mie Lidi Pedas






Mie lidi pedas ini sampai sekarang masih banyak yang jualan, tapi sekarang entah kenapa aku kurang berminat untuk beli padahal dulu paling seneng sama mie pedas ini. Dulu tiap ibuku ke pasar pasti gak lupa nitip mie lidi ini satu bungkus besar, dan biasanya selalu rebutan sama adikku. Mie ini kalo dimakan meninggalkan bekas bubuk merah di bibir sampai kayak pake lipstik. Kalo makan mie ini pasti nyari yang banyak bubuk cabe nya, pokoknya semakin banyak bubuk cabe nya semakin enak. 




9. Permen Rokok







Permen rokok ini sebenernya rasanya biasa aja, tapi kemasannya itu lo yang bikin anak - anak suka. Biasanya anak - anak kan selalu pengen kayak orang dewasa dan dipikiran anak - anak pasti orang dewasa selalu keren dengan rokok. Haha...., dulu sih gitu ya pikiranku tentang permen rokok ini. Pas jaman belum sekolah TK aku sering main rumah - rumahan sama sepupu - sepupuku dan juga tetangga dan yang berperan jadi bapak selalu pura - pura ngrokok pake permen ini. Padahal dulu waktu masih kecil gak tau sebenarnya apa itu rokok, cuma pas liat rata - rata bapak - bapak itu selalu ngerokok dimana - mana jadinya kita memututuskan untuk meniru pake permen rokok ini.



10.Boyki



 Gambar diambil dari sini



Jajanan yang satu ini pasti udah gak asing lagi buat pecinta mie kering, kayaknya sekarang juga masih banyak jajanan yang rasanya mirip - mirip kayak boyki ini. Pokoknya dulu waktu masih kecil jajanan favoritku ya mie kering sama permen, boyki ini termasuk mie kering favoritku. Menurutku rasa boyki ini lebih enak daripada mie gemez, kalo sekarang ini yang rasanya mirip boyki adalah "sedap". Tiap ke indomaret aku sering nyari "sedap", rasanya gak beda jauh sama boyki. Waktu masih SD aku sering beli boyki ini satu renceng trus diumpetin di kamar buat cemilan.



Sebenernya masih banyak banget jajanan 90 an yang dulu popular waktu aku masih SD, tapi kira - kira cuma 10 jajanan itu yang paling aku sukai dan punya nostalgia tersendiri. Kayaknya kalo jajanan anak jaman sekarang gak kayak jaman 90 an dulu, sekolah jaman sekarang ada kantinnya dan makanan yang dijual analah makanan sehat. Haha..., kalo dipikir - pikir jajanan anak tahun 90 an dulu emang bukan jajanan sehat ya? kebanyakan jajanannya adalah snack - snack yang banyak MSG nya. Tapi herannya anak - anak jaman dahulu itu daya tahan tubuhnya lebih kuat daripada anak jaman sekarang, dulu tiap hari aku makan  snack kayak gitu juga gak pernah kena radang tenggorokan. Kalo jaman sekarang emang kudu pinter - pinter pilih jajanan yang sehat untuk anak - anak soalnya jaman sekarang ini banyak banget produsen yang nakal suka mencampur bahan - bahan berbahaya ke dagangannya.











1 komentar:


  1. https://pokerbolamania.org/berita/aplikasi-chat-sabung-ayam-online
    Aplikasi Chat Sabung Ayam Online – Download Aplikasi Chat Sabung Ayam Online sudah tersedia bagi anda pengguna Smartphone Android.
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita
    Telegram : @bolavitacc

    BalasHapus

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.